Laman

Rabu, 19 Desember 2012

UTS membutuhkan waktu sangat lama? Menguntungkan atau Merugikan?

         Kata-kata diataslah yang membuat saya heran dan tidak habis pikir,bayangkan! Untuk melaksanakan UTS saya harus melaksanakannya selama kurang lebih satu bulan lamanya. Dan itu membuat “Saya punya cerita !”. 

       Kali ini saya ingin menuliskan tentang UTS yang saya jalankan di universitas tempat saya kuliah. Seperti yang sudah saya katakan diatas,saya menjalankan UTS kurang lebih satu bulan lamanya,bayangkan! “jenuh bukan? Ada untungnya kah? Atau Rugi?” saya memang tidak setiap hari masuk dan melaksanakan UTS,namun selingan libur dari setiap ujianlah yang membuat saya jenuh dan menemukan banyak fakta menarik,jika pada pendidikan tingkat SD,SMP sampai SMA ujian terlaksana setiap harinya dan itu membuat waktu ujian lebih singkat dan cepat selesai,sedangkan saat melaksanakan ujian di tingkat perkuliahan saya membutuhkan waktu yang sangat lama. Contohnya pada semester ini, UTS diberlangsungkan sejak tanggal 5 Desember 2012 sampai 26 Desember 2012. “wah lama bangeet” ada 21 hari dimana semua fakultas dan jurusan secara acak memperoleh jadwal ujian.
  
       Pada semester ini saya mendapatkan jadwal ujian dengan jumlah 7 mata kuliah yang berselingan libur sampai kurang lebih 4 hari, mungkin pihak kampus memberikan jeda libur yang cukup panjang supaya mahasiswa dapat belajar dan siap untuk menghadapi ujian.namun berkaca dari itu semua sebenarnya kita perlu jeda libur tetapi tidaklah perlu waktu sebanyak itu.”lohh kenapa? Bukankah lebih banyak waktu libur membuat belajar lebih ringan?” memang jika ada libur yang panjang sebelum melaksanakan ujian membuat kita jauh lebih siap namun,dari pengalaman saya setiap menjelang UTS selalu ada saja dosen yang memberikan kisi-kisi dan itu sudah cukup mempermudah mahasiswa. Kisi-kisi yang diberikan dosen setiap matakuliah itu sudah memberikan gambaran soal ujian untuk mahasiswa bagaimana nantinya.

        Menurut saya hal seperti itulah yang menjadi salah satu faktor penting yang membuat mahasiswa tidak bisa menggunakan hari libur tenangnya untuk belajar,karena mereka sudah memiliki gambaran untuk ujiannya kelak Sehingga mahasiswa terlalu santai dan hanya menggunakan hari libur tenangnya untuk bermain atau hal lain. Mahasiswa biasanya mulai belajar satu hari sebelum ujian atau bahkan semalam sebelum ujian “Sistem Kebut Semalam ”. dan dari pengalaman yang ada,tidak semua mahasiswa bisa dengan baik mengerjakan UTS,ada saja mahasiswa yang kesulitan dalam mengerjakan UTS “lohh kok bisa? Kan sudah diberi kisi-kisi dan libur yang diberikan juga panjang.” Itu karena mereka terlalu menyepelekan dan menganggap semua mudah,itu sebabnya saya katakan dalam kondisi seperti ini kita “UNTUNG atau RUGI?”

     Sebenarnya jika kita “mahasiswa” diberikan libur yang cukup panjang sebelum melaksanakan ujian ditambah sudah memiliki kisi-kisi dari dosen pengajar sebelum ujian dimulai,kita bisa mendapatkan keuntungan dan UTS menjadi tidak begitu menyeramkan ,kita hanya butuh belajar sesuai kisi-kisi dari dosen dengan waktu yang lebih lama agar kita bisa mempersiapkan semuanya dengan matang dan membuat kemungkinan lebih untuk mendapatkan nilai yang baik. Atau sebaliknya kita memperoleh kerugian karena menganggap remeh dan menyepelekan UTS yang masih lama,karena libur tenang yang memang lama,sehingga kita memulai belajar sehari sebelum ujian atau semalam sebelum ujian dan itu membuat kita terkesan terburu-buru dalam belajar sehingga kita mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.

      Namun kembali lagi kedalam pribadi kita “mahasiswa” masing-masing,kita ingin menjadi tipe mahasiswa yang seperti apa,karena tidak jarang ada mahasiswa yang tetap santai dalam menjalankan UTS dan belajar semalam sebelum ujian dimulai namun tetap mendapatkan nilai yang baik,atau sebaliknya ada mahasiswa yang sudah mempersiapkan dirinya jauh hari tetapi tetap mendapatkan nilai yang kurang memuaskan,jadi semua itu tergantung oleh kita dalam “menyikapinya” ingin menjadi mahasiswa yang “UNTUNG atau RUGI”.

        Mungkin hanya sampai sini saya bisa bercerita mengenai UTS,Selamat melaksanakan UTS guys,keep smart and have a nice Test! Semoga UTS kita berjalan dengan lancar dan kita semuapun mendapatkan nilai yang terbaik.

~TERIMA KASIH~

0 komentar:

Posting Komentar