Npm : 10110828
Kelas : 3KA31
Pada semester 5 ini saya mendapatkan mata kuliah "Grafik Komp. & Pengolahan Citra" mata kuliah ini mengajarkan hal-hal yang bersangkutan grafis pada komputer,tugas pertama saya pada mata kuliah ini adalah membuat Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat program OpenGL dengan compiler Dev C++.
Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
- Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi ini)
- Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL)
OpenGL (Pendahuluan)
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
- Glut.h
- Glut32.lib
- Glut32.dll
Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL)
Apa bila komputer anda tidak terinstal Dev C++ anda bisa mendownloadnya disini ,lalu instal Dev C++ seperti halnya menginstal aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan / membuat file OpenGL anda harus memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya disini , dan untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya :
- Masuk kedalam Dev C++
- Klik menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
- Klik Install seperti gambar di bawah :
- ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
- Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.
Lalu setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL, selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana kita,cara membuat file baru adalah :
- Klik menu File > Pilih New > Project .
- Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.
Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Membuat garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. begitu kita selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja
Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Sekian yang bisa saya kerjakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, maaf apa bila ada kesalahan dan kekurangan yang saya miliki.
~TERIMA KASIH ~
0 komentar:
Posting Komentar