Laman

Minggu, 21 Oktober 2012

Saya Punya Cerita ! "DIET"

MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN CEPAT,BAGAIMANA CARANYA?

“Saya Punya Cerita !” 

          Mungkin itu akan terbayang dibenak orang yang memiliki postur tubuh yang memiliki berat berlebih (gemuk), mereka seringkali membayangkan agar berat badannya turun dan tampil lebih ramping atau ideal. Mereka juga seringkali tidak percaya diri dengan keadaan mereka yang memiliki postur gemuk ,terkadang mereka malu karena sering dikucilkan oleh teman,atau bahkan lingkungan terdekat seperti keluarga. atau karena alasan tertentu mereka yang berpostur gemuk ingin menurunkan berat badan seperti ingin sehat dan jauh dari berbagai penyakit,termasuk penyakit sosial yaitu “malas”. Sehingga membuat mereka ingin menurunkan berat badannya dengan cepat, dan apakah itu bisa terjadi? Tentu saja semua itu bisa terjadi . 

         Bercerita dari pengalaman pribadi saya, saya dahulu juga memiliki postur yang gemuk dan berat badan saya sudah sangat berlebihan, saya memiliki berat badan 96kg dengan tinggi badan 170, pada saat itu usia saya yang kurang dari 20 tahun memiliki usia sel yang jauh lebih tua dari umur saya “ujar dokter”. Dokter juga memprediksi jika saya terus melaksanan pola hidup yang tidak sehat,maka saya akan banyak diserang oleh penyakit yang berbahaya. Pada saat itu rasa khawatirpun datang dibenak saya,lalu dengan cepat saya berkata pada Dokter bagaimana caranya agar saya cepat menurunkan berat badan saya,lalu dokter menjawab “Dengan mengikuti pola diet yang sehat,berat badan akan cepat turun”. 

          Setelah mendengar perkataan dokter,kalau pola hidup saya adalah tidaklah sehat, saya bertekat untuk menjalankan diet,dan memulai hidup sehat. namun banyak orang yang menyalah artikan diet. Mereka berlomba-lomba diet ketat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Tetapi mereka tidak sadar bahwa diet ketat dan cenderung terlalu memaksakan itu tidak sehat dan bahkan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita karena tubuh kita tetap membutuhkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba beberapa tips yang ada dan beredar di internet,saya membaca artikel-artikel kesehatan mengenai cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat,dan saya berkata “Ayo kita lalukan!”. 

        dan berselang beberapa bulan menjalani pola diet yang sehat dan ketat,melelahkan dan penuh pengorbanan dan berkat tekat , niat , juga semangat dan berkat kerja keras saya ,serta support dari orang-orang terdekat saya,sekarang saya sudah berhasil menurunkan berat badan saya menjadi 68kg “wow” itu berarti saya telah memangkas berat badan saya sebanyak 28kg. sekarang saya merasa lebih percaya diri lalu badan saya terasa lebih ringan untuk bekerja dan tentunya baju-baju saya yang telah sempit yang sudah tidak bisa saya kenakan sebelumnya kini sudah dapat kembali saya kenakan. 

Lalu apa saja yang saya lakukan pada saat itu untuk menurunkan berat badan saya? 

      Sebenarnya walaupun sudah mendapatkan tips yang banyak dan beragam dari internet,pada saat ingin memulai diet,saya merasa kesulitan dan pesimis karena saya tidak tahu bagaimana cara diet yang benar, tapi tekat saya yang terlalu kuat memaksa saya untuk melaksanakan pola tersebut demi kebaikan dan kesehatan pribadi saya. Yang saya lakukan adalah sama seperti diet pada umumnya yang saya lakukan,namun ada yang saya ubah sedikit dari pola tersebut,berikut adalah pola diet yang saya terapkan untuk menurunkan berat badan saya yang berlebihan : 

1. Mengganti Sarapan pagi dengan segelas susu/sayuran/buah 

Saat pagi,sebelum beraktifitas, Saat sarapan pagi saya yang biasa mengonsumsi makanan berat seperti nasi goreng/mie goreng bisa menggantinya dengan meminum segelas susu rendah lemak atau dengan mengkonsumsi sayur-sayuran yang memiliki kalori yang rendah namun cukup mengenyangkan hingga siang hari. Atau saya juga biasa memakan buah pada pagi hari,utamakan buat yang mengenyangkan dan berasa manis,agar memiliki tenaga yang cukup hingga siang hari. 

2. Memakan buah jika lapar 

Lagi lagi buah yang menjadi alternatif saya selanjutnya,mungkin ketika saya beraktifitas yang melelahkan,rasa lapar kadang timbul tiba-tiba,untuk itu saya menghimbau agar memakan buah ketika tiba-tiba lapar saat beraktifitas,buah yang cocok dimakan sebelum makan siang adalah Apel,Pir atau Pepaya. 

3. Mengurangi porsi makan 

Pada saat siang,saat istirahat sekolah,kuliah,atau kerja usahakan porsi yang kita makan adalah secukupnya,tidak sampai kenyang. Disini saya memangkas separuh porsi makanan saya,dimana saya hanya makan sedikit nasi dan memakan banyak sayuran,lauk yang saya makan juga tidak memiliki kadar lemak tinggi seperti dada ayam yang mengandung banyak protein. 

4. Minum air putih yang banyak 

Saat berktifitas entah itu pagi,siang,sore atau malam saya selalu menyempatkan minum segelas atau dua gelas air putih untuk mengenyangkan tubuh dan untuk membantu tubuh yang membutuhkan air untuk memecah lemak. Jadi semakin banyak kita meminum air putih semakin banyak pula lemak yang terpecah dan terbuang melalui urine. 

5. Menghilangkan makan malam 
Pada saat malam hari lah yang paling menyiksa bagi saya pada awalnya,karena pada saat malam hari saya mencoba untuk membiasakan tidak makan lagi diatas jam 19.00 atau jam 7 malam. Pada malam hari “sebelum jam 19.00 atau jam 7 malam“ saya juga biasa mengkonsumsi buah seperti pisang,atau memakan sayuran namun tanpa disertai nasi. Ini terlihat menjadi Nampak ekstrem karena saya hanya memakan nasi 1 kali dalam sehari. Walau sedikit tersiksa saya tetap menjalankannya dengan semangat J 

6. Olahraga secara teratur 

Untuk membuat berat badan semakin cepat turun,saran saya selanjutnya adalah melakukan olahraga ringan atau keras secara teratur ,disini saya membiasakan berolahraga dengan berlari pagi atau sore “tergantung situasi” dan berenang ketika saya libur. 

7. Istirahat yang cukup dan meminum air putih sebelum Tidur 

Setelah lelah dengan aktifitas keseharian seperti berolahraga,aktifitas kampus dan kerja tentunya tubuh saya membutuhkan istirahat yang cukup, saya biasa segera tidur sebelum jam 21.00 atau jam 9, dengan membiasakan meminum air putih satu atau dua gelas sebelum tidur. Saya sengaja menyiapkan tubuh saya yang akan mulai metabolisme pada malam hari diluar kontrol saya. 

8. Buang air Besar setiap hari 

Setelah bangun dari tidur , saya membiasakan untuk meminum kembali segelas atau dua gelas air putih yang membuat saya mulas dan ingin buang air besar,untuk step ke-delapan ini,silahkan anda berbeda cara untuk membuat dan membiasakan diri buang air besar setiap harinya. Usahakan untuk buang air besar setiap hari karena melalui buang air besar endapan dalam usus akan terus berkurang dan membuat perut Nampak lebih kecil dan ramping. 

      Demikian sedikit pengalaman pribadi saya dalam urusan diet,silahkan mencoba pola yang saya lakukan jika anda berniat untuk menurunkan berat badan anda,semangat dan semoga berhasil :)  semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk orang banyak :)


TERIMA KASIH~~




14 komentar:

Unknown mengatakan...

gan, ngejalanin diet ini butuh waktu brp bulan??

Dacip mengatakan...

Terimakasih Untuk Tips-nya! Ini juga diet yang lagi saya jalanin.. sudah 3 minggu lamanya dan yaaaaa.. saya berhasil lost 5 kg! :D

Sufisufi mengatakan...

makasih buat tipsnya :D

Unknown mengatakan...

Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat
gaya hidup sehat

Unknown mengatakan...

makasih sudah sharing pengalamannya mengenai cara menurunkan berat badan :D memotivasi sekali

Aisyah Ghazi mengatakan...

Thanks admin for the share. mmg bermanfaat. Boleh la i pakai petua2 u ni. thx for sharing. Anyway, free2 jemput ke blog saya untuk info2 kekal fit and slim.

>>>Tips Slim & Fit Semula Jadi!<<<

Nuri S Nuraeni Wirawan mengatakan...

terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali....

Kita punya makanan yg sehat tanpa pengawet dan MSG nih Ayam Dadar Bandung, Makanan Sehat dan Tanpa Lemak silahkan dicek dan jangan lupa dicobain yaa :) terimakasih..

Renisa Julia mengatakan...

bagaiamana, berhasil gak jalaini dietnya?

Renisa Julia mengatakan...

menu diet yang bagus gimana sih?

Unknown mengatakan...

artikelnya bermanfaat ... cek juga ini HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

Unknown mengatakan...

PROMO ! suplemen peninggi & suplemen pelangsing, Penggemuk.dll kunjungi aplikasi SUKA SEHAT di google playstore

Unknown mengatakan...

PROMO ! suplemen peninggi & suplemen pelangsing, Penggemuk.dll kunjungi aplikasi SUKA SEHAT di google playstore

BackDoor.ID mengatakan...

bandarq
Marioqq
Kontes SEO
MarioQQ SEO
Cerita Rakyat Indonesia
Berita Viral
Berita Terkini
Lucinta Luna Hamil!
Marioqq
bandarq
agen bandarq
domino99
aduq
bandar66
kakek gokil

BackDoor.ID mengatakan...

bandarq
Marioqq
Kontes SEO
MarioQQ SEO
Cerita Rakyat Indonesia
Berita Viral
Berita Terkini
Lucinta Luna Hamil!
Marioqq
bandarq
agen bandarq
domino99
aduq
bandar66
kakek gokil

Posting Komentar