Laman

Minggu, 28 Oktober 2012

Manusia Modern dan Jerjaring Sosial-nya

MAKIN BANYAK JEJARING SOSIAL,MANUSIA MODERN SEMAKIN GAUL ATAU RIBET? 

Saya punya cerita! 

      Manusia yang hidupnya dizaman modern ini, memiliki kebiasaan untuk menggunakan jejaring sosial untuk media pertemanan. “Memang apa sih jejaring sosial itu ?” itu loh,media yang membuat kita sesama pengguna internet dapat bertemu dan saling sapa dan membahas berbagai macam obrolan atau permasalahan didalamnya. “contohnya ? “ yaa seperti Facebook,Twitter, Yahoo Messenger, foursquare, Google +, Line, what’s app, Path dan masih banyak lagi. Pada intinya jejaring sosial membuat manusia yang menggunakannya terlihat semakin gaul dan memiliki banyak teman,dan berbagi informasi kepada orang sekeliling account kita menjadi lebih mudah. 
“Lalu dengan semakin banyak jejaring sosial,apakah benar manusia semakin gaul atau malah semakin terlihat ribet dan repot sendiri?” nah,untuk itu saya mau bercerita sedikit tentang apa yang saya lihat dan saya rasakan dari beberapa kenyataan yang ada di masyarakat terdekat saya . mengenai masalah aktifnya manusia dalam menggunakan jejaring sosial yang membuat mereka terlihat ribet dan repot sendirinya.”ini semua memiliki dampak yang signifikan loh!” 

       Terlihat dipandangan saya manusia yang memiliki aktifitas yang sangat super aktif pada jejaring sosial memang terlihat gaul dan sering muncul dihalaman jejaring sosial kita,kadang mereka selau dan ingin selalu mencoba jejaring sosial yang terbaru yang ada didunia maya untuk mereka dapat gunakan. Dengan semakin banyaknya jejaring sosial yang ada maka semakin banyak orang yang bisa mencari kita, dan itu akan membuat kita banyak teman dan terlihat gaul pada umumnya. Saya sendiri juga termasuk orang yang memiliki banyak account pada jejaring sosial,namun saya tidak terlalu super aktif dalam menggunakannya. 

Menggunakan jejaring sosial secara aktif dan intesif menurut saya hal seperti itu sangatlah wajar karena memang pada zaman modern seperti sekarang ini manusia rata-rata butuh informasi lebih dan memiliki gadget yang bisa mengakses internet dengan mudah,terlebih lagi memang fasilitas yang diberikan oleh media jejaring sosial adalah untuk kita sesama pengguna jejaring sosial untuk saling sharing pengalaman ,foto,video dan sebagainya didalamnya. 

         tapi sepertinya mereka yang menggunakan fasilitas yang ada pada jejaring sosial seakan terlalu ribet dan dipusingkan oleh update-update yang mereka lakukan sendiri ,seperti saat mereka mau makan “mereka harus check in melalui foursquare memberitahu lokasi dimana mereka akan makan dan makanan yang akan mereka makan terkadang harus di foto terlebih dahulu oleh mereka untuk lalu dishare di Instagram”. Atau saat Rekreasi bersama Keluarga,teman atau pacar atau kegiatan sekolah,kuliah dan kerja ”mereka harus melakukan update lagi melalui check-in yang ada di foursquare untuk memberi tahu mereka berada atau akan pergi kemana”. Lalu hasil foto di tempat rekreasi atau aktifitas nyatanya harus mereka upload dan di share ke Facebook atau Twitter agar teman terdekat anda atau orang yang berada disekitar anda tahu akan aktifitas anda . “ini bisa menyenangkan bagi anda tapi tidak bagi orang lain loh” 

       terkadang manusia yang tidak begitu mengerti akan hal ini sering menyebutkan “sedikit-sedikit share ke jejaring sosial!” ya memang begitu adanya,dengan gadget super canggih yang dimiliki oleh manusia, itu dapat memudahkan manusia menggunakan internet dan memudahkan juga untuk manusia menggunakan jejaring sosial, dari kemudahan yang dimiliki manusia untuk menggunakan jejaring sosial akan terbentuk sebuah kebiasaan pada manusia yang menggunakan gadgetnya untuk mengakses kedalam jejaring sosial. Kebiasaan manusia mengupdate pada jejaring sosial memang terlihat sangat asyik dan bisa saja menggunakan jejaring sosial berdampak positif atau bahkan negatif pada diri kita. “wah ada bagus dan ada jeleknya juga berarti yaaa..” 

“lalu apa hal positif dan negatif yang bisa kita terima?” 

         menurut pandangan saya Hal positif yang bisa kita ambil dari penggunaan jejaring sosial adalah Kita bisa mengetahui informasi-informasi jika kita memantau account yang memang memberikan informasi, seperti kepolisian,bank atau bahkan opertator telepon seluler lalui Kita bisa berbagi cerita,foto dan video yang seru untuk diperbincangkan dengan teman-teman dan Kita juga bisa berkomunikasi dengan teman yang berada sangat jauh,walau kita tidak mengetahui alamat atau nomor yang dapat dihubungi. 

Atau bisa saja hal negatif yang terjadi seperti ,kita akan menjadi ribet,sedikit-sedikit update,bahkan kita lupa dengan kondisi kita,yang tentunya dapat merugikan kita “ah.. apa contohnya?” contohnya kita gunakan jejaring sosial saat kita berkumpul bersama teman,itu seakan membuat orang yang jauh dari mata yang diajak berinteraksi tetapi orang yang dekat malah dicuekin “itu bisa membuat teman kita yang dicuekin sakit hati loh”. Hal negatif lainnya bisa berupa kejahatan yang dapat membahayakan keselamatan diri kita. Seperti Membuat status “Sendirian dirumah nih!” ini akan berbahaya jika penjahat,perampok yang membacanya.”seremm kan?” 

       Nah itu semua yang saya rasakan pada saat saya berada dalam dan menggunakan jejaring sosial. Hanya sekedar menulis dan berbagi cerita tentang pengalaman saya selama berselancar di dunia maya khususnya di jejaring sosial. Jadi kita sebagai manusia yang modern yang ingin gaul dengan memiliki jejaring sosial yang banyak,setidaknya harus pintar dan berfikir positif untuk melakukan sharing,karena apa yang kita lakukan,akibat yang terjadi itu kita semua yang mempertanggungjawabkannya. 





                                                        ~~TERIMA KASIH~~


0 komentar:

Posting Komentar